Tags

Related Posts

Share This

Chef Dadakan

hidup bukan tuk berdiam diri
hidup ada tuk kita jalani
cobaan bukan tuk ditakuti
cobaan harus kita hadapi

*SO7-berlayar denganku*

 

 

OPENING

9 Oktober 2011 19.00

“ma… aku pergii.. assalamualaikum…”

“pergi kemana??besok ga ngantor??”

“ada pelatihan wirausaha, gak ngantor, ngambil cuti dulu…”

19.30

KRL berangkat dr stasiun serpong, malem ini mau numpang nginep di tempat fuad biar gak telat sampe di gambir besok pagi..

“ad.. malem ini gw numpang tidur yee?? Jam 6 harus ada di gambir,takut gak keburu klo berangkat dr serpong..” sms gw ke fuad.

“ok.. lantai kamar gw masih kosong kok… hehehe…” bales si fuad.

Ngehek, masa gw suru tidur di lantai.. bodo ahh.. yang penting ga telat kumpul di gambir besok..

Sms masuk…

“mas husni, SMS ini sekaligus pemberitahuan dan ralat pemberitahuan sebelumnya.Kita bertemu di depan Holland Bakery stasiun gambir jam 7 pagi. Kereta berangkat jam 8 pagi. See You Tomorrow..”

Jiaaahhh… reseee… tau gitu gw ga numpang di tempat fuad dah.. kepalang tanggung ini mah, udh sampe palmerah. Mana ujan ga berenti-berenti lagi…”LANJUUUTTT aja.. “ tekad gw dalam hati.

Setelah berhujan-hujan dan bermacet-macet ria di sudirman dan gatsu.. akhirnya gw sampe di tempat fuad jam setengah sepuluhan.

“numpang semalem ya ad.. mau ke gambir gw pagi2”

“iyee,gocap ya semalem..”

“eek!! Perhitungan amat lu ad..”

“ahahaha.. santai boss, lu mau kemana emang??”

“gambir,kayanya gw udh bilang tadi dah”

“mau ke daerah mana maksud gw..”

“gak tau…”

“lahh, geblek lu..”

Akhirnya gw ceritain dah tentang sekolah monyet sama si fuad.. karena besok mesti berangkat pagi-pagi, gw tidur cepet aja dah.. biar ga telat bangun..

PERJALANAN DIMULAI

11 Oktober 2011

Pagi-paginya gw dianter fuad sampe ke gambir.. jam 07.00 gw udh sampe depan Holland Bakery stasiun Gambir, masih sepi banget.. gak lama kemudian dateng bang jay, disusul monyet-monyet yang lain.. jam 8 semua monyet sudah kumpul kecuali mas hendra, katanya masih di cikini. Kereta dwipangga pun akhirnya dateng, kita pun masuk ke gerbong 1.. gak lama kemudian.. dateng dah mas hendra.. yupp!! Lengkap sudah 8 monyet dan pawangnya berkumpul.. gw duduk bareng mas hendra, bayu bareng pak dodot, pak iwan sama pak asto, depan gw mbak tamara sama mbak atit.

Kereta mulai jalan, kita belom tau tujuannya mau kemana.. Cuma pawangnya sama Allah aja yg tau.. serasa naek bajaj deh.. Cuma abangnya sama Allah aja yg tau kpn mau belok..

“yang mau mundur silakan turun,mumpung masih di Jakarta nih!!” kata bang jay

“ga ada yg mau turun nih?? Gw aja deh yg turun… ahahaha”

Baru nyantai di kereta, bang jay udh bagi-bagi kertas..

“silakan isi target hidup kalian 5 tahun kedepan..”

Abis ngisi proposal hidup, bang jay bagi-bagi bukunya sama notes ..

“nih buku buat baca-baca dijalan..”

Gak lama, dateng petugas kereta, nawarin sarapan..

“ayooo,, yg mau makan pesen aja, gw yg traktir.. pilih sesukanya..”

“aseeekk.. “ monyet-monyet berseru

Selesai makan, bang jay bagiin kita plastik..

“Kumpulin barang-barang berharga kalian,simpen di plastik itu..”

“Semuanyaa.. dompet,kartu ATM, hape, jam tangan, pokoknya semuaaa yaa!!!”

“Busett, permainan dimulai nih..”

Semua barang-barang kita udh dikumpulin sama bang jay..

“Nih bekal buat kalian…” sambil ngasi plastik berisi aqua botol sama sebungkus mi instan

Gilakk!! Cuma dikasih kaya beginian doang..

“Nanti gw turun di cirebon, kalian terserah mau turun dimana.. purwokerto,jogja atau solo..”

“Jumat siang jam 1, kita kumpul lagi di stasiun gambir”

Monyet-monyet yg asik ngobrol tiba-tiba bengong.. #kemudianhening

Akhirnya gw dipilih jadi ketua rombongan monyet-monyet ini lewat pemilihan yang tidak transparan.

“kita turun dimana pak ketua?? Kalo di jogja saya ada sodara..” kata pak dodot

“di jogja aja, saya 4 tahun kuliah di jogja” kata mbak tamara

“yaudah jogja aja deh..” jawab gw

Akhirnya kita sepakat turun di Jogja, pas sampe di stasiun cirebon, bang jay siap-siap turun..

“selamat berjuang..sampe ketemu di jakarta yee..” kata bang jay

Lewat stasiun cirebon, kegalauan dimulai…

Bingung banget gw, terakhir gw ke jogja pas masih SD… mau ngapain nih nanti disono?? Cuma 3 hal aja yg bisa kita lakuin, baca bukunya bang jay, galau, dan tidur…

Pertama-tama gw baca aja dulu bukunya bang jay, baru baca dikit, ketidurann… hehehehe

Pas bangun, nge-galau, tiduurrr lagiii… waktu terasa lammaaaaaa bangettt..

Jam 5 sore, kita sampai di stasiun tugu, Jogjakarta

Turun dari kereta, gw cubit-cubit diri sendiri…

“pasti gw ngimpi nih..”

Awwww,,, sakittt!!! ternyata gak mimpi.. gw baru aja ikutan acara sableng… #telatsadar

Jalan ke jogja ga bawa duit, hape dll… Cuma kaos 3 potong !!!

Awalnya kita mau jalan bersama akhirnya terpisah jadi 3 kelompok, kelompok 1 mbak atit dan mbak tamara, kelompok 2 pak iwan,mas hendra, dan pak asto, kelompok 3 gw, bayu dan pak dodot.

Mbak tamara yg pernah tinggal di Jogja 4 tahun sudah bulat untuk ngasong di malioboro, begitu juga dengan mbak atit… Gimana nasib gw dan 5 monyet lain?? Masih bingung… akhirnya gw, bayu dan pak dodot langsung ke tempat sodaranya pak dodot di daerah taman siswa.. Dan itu jaraknya +/- 3 kilo dari stasiun tugu(ini kata org situ,gw blom pernah ngukur)..

“yang penting ada tempat istirahat dlu,,” itu yg terlintas di benak gw

1jam berlalu…

Kita masih jalan(baca:jalan kaki),ett dahh.. blom nyampe juga..

1 jam kemudian, akhirnya sampe di taman siswa.. jadilah ini basecamp kita(klompok3).

Makan mie instan,bekal yang tadi dikasih di kereta.. kita makan sebungkus mi bertiga…

“banyakin kuahnyaa.. “ teriak pak dodot

“okee pak..” sahut gw

Selesai makan,kita tidur besok pagi rencananya mau cari kerjaan di malioboro

MESTAKUNG

12 Oktober 2011

Ba’da subuh, kita bergegas ke malioboro..nyari kerjaan buat ongkos pulang dan makan.. baru setengah perjalanan, gw kedinginan… busettt jogja dingin juga yaa…

Gw liat ke bawah, dannnn…. eng ing eng… Cuma pake celana pendek!!! Damn!!

Pantes dingiiin… padahal udh pake jaket… :hammer

Udah kepalang tanggung, lanjutt aja dah.. sepanjang jalan gw liat bnyak yg jualan makanan, soto ayam,ketupat sayur, angkringan yg bejibun..

“jadi tukang cuci di kaki lima aja deh.. siapa tau dpt sarapan gratis…” itu yg terlintas dlm pikiran gw

Setelah menelusuri malioboro sampe stasiun tugu, akhirnya gw pun minta jadi tukang cuci di salah satu gerobak yg mangkal disitu.. dan hasilnya.. DITOLAKK!!!… coba lagi.. DITOLAKK!!… lagiii… DITOLAKK!! Yaelaaahhh…

Capek dengan penolakan, akhirnya kita duduk dulu di malioboro, sambil istirahat..

Dengan putus asa, kita balik lagi ke basecamp, di tengah perjalanan si bayu nyeletuk..

“kerja di hotel aja yukk?? Disini kan bnyak hotel..”

“boleh tuhh,, tapi gmn caranya??gw pake celana pendek gini..” jawab gw

“balik dlu deh, ganti kostum dlu,kayanya kita salah kostum nih..” kata bayu

“iya dah..”

Sampe di basecamp dengan perut keroncongan…bayu pun bikin mie.. pas lagi makan, sodaranya pak dodot dateng nawarin kerjaan… di hotel garuda..

“gilakk, pas banget tuh bay, mantep ide lu..” bilang gw ke bayu

Tapiiiii… Cuma 2 aja yg dibutuhin… dan harus pake celana item dan sepatu item… semua syarat gak ada yg gw punya… siaaallll…

Si bayu ternyata bawa celana item dan kemeja putih, dia emang udh siap-siap ngelamar kerja dari rumah.. Cuma sayang sepatunya coklattt..

Pak dodot lengkap semua.. celana item ada, sepatu pun ada… tapi umur ga bisa boong.. umur dia adalah umur gw ditambah umur bayu.. ahhahaha

Karena merasa umurnya yg tidak muda lagi, akhirnya pak dodot meminjamkan barang-barangnya sama kita, bayu dapet sepatunya gw dapet celananya…

Untungnya gw gendutt, jadi celananya pass di badan gw… (thanks God..), sekarang yg jadi masalah adalah sepatu, gw ga ada sepatu item, gw cuma pake sepatu belel converse doang.. akhirnya sodara pak dodot pinjemin gw uang buat beli sepatu bekas di beringharjo, katanya sih harganya 10rb, dan gw dipinjemin 20 rb.

Dengan 20rb di tangan, gw sama bayu cari sepatu bekas di pasar beringharjo. Sepanjang jalan kita ngiler sama es dawet yg ada di pinggir jalan.

“bay,sisa duitnya buat beli es dawet yukk..”

“boleh-boleh, aus nih gw..”

Sesampainya di pasar beringharjo, ternyata harga sepatunya 20 rb….

Gagal dah rencana menikmati es dawet di siang bolong itu… L

Dapet sepatu, kita langsung pulang..

Sambil nonton bola INA vs Qatar, gw ngolesin balsem ke sekujur kaki.. secara dua kali bolak-balik jalan ke malioboro..

BECOME A CHEF..

13 Oktober 2011

Jam 6 pagi, gw dan bayu udh siap-siap berangkat, pas mau jalan gw kerumah bu kus(sodaranya pak dodot yg nawarin kerja) dlu, eh dipijemin motor…. ALHAMDULILAH..

Sampe hotel garuda jam 7 pagi,langsung dikasih pinjem baju ala chef…

“wow.. keren.. kaya master chef… “ norak gw

“sayang gak bisa foto-foto”

Hari ini kita kerja 2 shift, itu artinya kita akan berada di kitchen dari jam 7 pagi sampe jam 10 malem… luar biasa bukan??!!

Mau gak mau harus kita jalanin, supaya bisa kumpul lagi dengan monyet-monyet lain di hari jumat nanti. Untungnya disana banyak anak training, jadi bisa nanya-nanya sama anak training kalo ada yang gak ngerti. Ada nico dr STP sahid, rhidi,retri,sigit dan gina dari STP bandung a.k.a NHI, bety dan rendri dari SMK di jogja. Mereka ini yg bantu gw kalo gw ada kesulitan di dapur,ngajarin cara masak, cara motong yg bener, dll.

Baru sebentar kerja di hotel, sepatu yg gw beli kemaren udh jebol.. jiaaahhh damn!!!

Mana mesti bolak-balik ke lantai 2… terpaksa jalannya ngesot.. makin lama makin jebol..

Akhirnya gw tukeran sama bayu, soalnya dia ga jalan-jalan, stay di kitchen bantuin chef-chef disana.

Ternyata si bayu jalan-jalan juga… makin jebol dah tuh sepatu.. padahal udh diiket pake tali plastik.. bener-bener kaya gembel dah si bayu waktu itu..ahahaha

Pas makan siang, si nico nawarin sepatu yang ga kepake di loker.. dan ada yg pass di kaki gw.. kalo kata pak yohanes surya ini namanya MESTAKUNG(semesta mendukung).

Akhirnya sampailah jam 10… kita terima duit pertama kita… pulang dari hotel kita ke stasiun lempuyangan, mau beli tiket buat besok sore pulang ke jakarta..

Dan ternyata, stasiun sudah tutup, buka besok pagi.. pulang ke basecamp tanpa tiket, mulut yg berbusa jelasin asalusul kita,apa itu sekolah monyet, dan kaki yg pegel luar biasa…

GOOD BYE JOGJA…

14 Oktober 2011

Pagi ini rencananya si bayu akan izin beli tiket ke lempuyangan, sekitar jam 8 pagi, bayu izin ke lempuyangan.pagi itu gw dapet tugas di bagian buah, motong-motong buah buat lunch nanti. Lagi asik-asiknya potong buah, gw minta poto sama nico..

“yeahhh.. akhirnya ada kenangan juga..”

Baru sebentar poto-poto, si niko di panggil chef kepala,, disuruh pulang..

“yaelahh.. baru dapet 3 pose doang…”

Beres di buah, ge balik ke kitchen lagi.. bantu-bantu disana.. ga lama gw liat gina di bagian pastry n bakery.. gw samperin dia,minjem hapenya buat poto-poto ama si bayu…

Tak ketinggalan hapenya betty, jadi korban narsis gw..

Akhirnya kesapean juga berpose ala chef… hehehehe

Kayanya hari ini kita berdua sudah mulai dikenal di hotel inna garuda sebagai casual yg nyasar dr jakarta… soalnya bnyak banget yg nanya ttg kita dan sekolah monyet..

Dan tanggapan mereka… adalah…

“gilakk..”

“edan…”

”kerenn..”

Agak tersanjung juga gw..

Jam menunjukan pukul 15.00.. saatnya pulang… pamitan ama anak-anak training.. chef-chef disana.. sedih juga harus meninggalkan kitchen ini..pertama kalinya gw masuk kitchen hotel.. masak-masak dll. Pengalaman yang gak bakal gw lupakan…

Balik ke basecamp, beres-beres ..soalnya kereta kita berangkat jam 16.30 dari stasiun lempuyangan..

Pamit ke sodaranya pak dodot…

Akhirnya sampe di gerbong dua kereta ekonomi progo menuju pasar senen…

JAKARTAAAAA… I’m comiiiing….

JAKARTAAA… I’m comiiiiiiiing….

15 Oktober 2011

Jam setengah 3 pagi, kita sampai stasiun senen.. numpang tidur dlu sebentar di stasiun sampe subuh.. selesai subuh kita mau lanjut ke istiqlal.. numpang mandi dan tidurr…

Baru jalan keluar masjid, gw liat sesosok wanita berjilbab berjalan dengan penuh semangat..

“mbak tamara…” panggil gw

“siapa ya??” tanya dia dengan muka bingung dan ketakutan.. <<< INI BOONG, yg bener..

“eh.. husniii… naik senja juga??”

“enggak mbak,naik progo..”jwab gw

Sambil jalan ke stasiun, kita cerita-cerita ngapain aja di jogja..

“mbak atit mana??” tanya gw

“udh pulang dari selasa kemaren..”

“busett, cepet amat..” kaget gw

Sampai di shulter busway senen, kita berpisah.. dia mau pulang dlu ke bintaro.. siangnya baru ke Gambir lagi… gw dan bayu melanjutkan perjalanan ke masjid istiqlal..

Sampe di istiqlal, kita bersih-bersih.. sholat dhuha.. baca quran juga.. dan tertidurrr…

“priiitttt…”

“suara apaan tuh??” kaget gw

Ternyata gw yang disemprit sama satpam masjid istiqlal.. gak boleh tidur di masjid katanya…

Busettt.. gak boleh tidur sii gpp.. tapi ga perlu di sempritt juga kaleeeee….

Berasa lagi maen bola gw.. hehehehe

Pas gw bangun, si bayu menghilang… bodo ahh.. duit gw yg pegang ini.. ahahaha

Gak lama, nih orang muncul.. abis dibangunin juga

“disemprit juga bay??” tanya gw

“kaga, dibangunin biasa, emg lu disempritt??” jawab bayu

“iyaa, gw disempritt…”

“ahahahaha…” malah ketawa nih orang… sompretttt…

“ngopi dulu yuk bay, dibawah..” ajak gw

“hayuukk lah..”

Sampai di bawah, gw liat tlp umum.. iseng gw coba-coba.. bisa!!! Masukin koin, masukin no tlp nyokap… nyambung.. YEAAAAA!!!

“assalamualaikum, ma.. ini husni”

“walikum salam, kmu dimana??”

“istiqlal ma.. nanti sore baru pulang..”

“tuuuuuttt tuuuutttt…” dan terputusss…

Lanjutt cari kopi di bawah… selesai, tiduran di bawah pohon… pas kebangun gw liat dr kejauhan.. ada ibu-ibu dateng ke arah masjid… roman-romannya gw kenal nih… eng ing eng!!!

Nyokap gw jemput ke istiqlal…

Nyokap ngira gw di cuci otak, masuk NII… NII juga liat-liat kali kalo mau rekrut orang,,,

Masak orang gila gini mau direkrut juga…

Dan nyokap kekeuh… ngajak gw balik bareng om gw…

Selesai jumatan, kita langsung ke gambir… ngambil aset yang disita..

Harusnya monyet-monyet ini kumpul lagi.. makan-makan di sari kuring… tapi gw ga dapet restu dari nyokap,, gw izin ke bang jay.. gak bisa ikut..

“jgn bantah orang tua..” kata bang jay..

“sorry bang, gak bisa ikut..”

“gpp..”

Dan begitulah perjalanan gw selama beberapa hari di jogja sampai balik ke jakarta…

PENGALAMAN TAK TERLUPAKAN !!!!

NGANGGUR?? MALU SAMA MONYET….

Husni Zaelani